KEUTAMAAN BULAN RAJAB

Keutamaan Bulan Rajab

pictby:googleimage
Marhaban Syahra Rajab...
1 Rajab 1438 H jatuh pada tanggal 29 Maret 2017. Dalam bulan Rajab banyak terdapat amalan-amalan yang disunnahkan karena bulan Rajab ini salah satu bulan mulia dalam islam. Beberapa keutamaan bulan Rajab adalah sebagai berikut:


1. Rajab adalah Salah Satu Bulan Haram 

Bulan Rajab adalah bulan ke tujuh dalam kalender hijriah. Bulan Rajab merupakan salah satu dari al-asyhur al-hurum, bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, selain tiga bulan lainnya, yaitu Dzulqo'dah, Dzulhijjah dan Muharram. Sebagaimana sabda Rasulullah saw yang artinya "Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah SWT menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Diantaranya ada empat bulan haram. Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo'dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lainnya adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya'ban." (HR. Bukhori dan Muslim)
Dinamakan bulan haram (mulia) karena di dalam bulan-bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan bahkan sejak jaman jahiliyyah pun meyakini demikian. Selain itu, dalam bulan haram larangan untuk melakukan perbuatan dosa lebih ditekankan demikian juga dengan perintah untuk melakukan amal shalih karena balasan untuk keduanya akan dilipatgandakan dalam bulan-bulan haram.

2. Makna yang Agung 

Menurut Syeikh Abdul Qodir al-Jailani, kata Rajab adalah raingkaian kata yang memiliki penafsiran khusus. Kata Rajab berasal dari bahasa Arab yang terdiri atas tiga huruf (رجب) di mana tiap-tiap huruf memiliki makna yang dalam dan agung. Ra berarti Rahmatullah, kasih sayang Allah. Jim berarti Juudullah, kemurahan Allah. Sedangkan Baa berarti Birrullah, kebaikan atau keramahan Allah. Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa dalam bulan Rajab ini Allah SWT memberikan tiga karuniaNya, yaitu rahmat, kemurahan dan kebaikan Allah yang tulus.

3. Rajab adalah Syahrullaah

Bulan Rajab memiliki keistimewaan tersendiri karena Rajab adalah syahrullah, yaitu bulan yang dinisbatkan kepada Allah SWT. Bulan di mana umat islam diperintahkan untuk memperbanyak beristighfar, memohon ampunan kepada Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah saw yang artinya "Rajab adalah bulan Allah, Sya'ban bulanku dan Ramadlan adalah bulan ummatku."

4. Tonggak Awal Perintah Shalat Lima Waktu

Selain itu, di dalam bulan Rajab, tepatnya tanggal 27 Rajab, Rasulullah saw mengalami peristiwa Isra Mi'raj, peristiwa yang menjadi tonggak awal diwajibkannya mendirikan shalat lima waktu bagi ummat islam.

Itulah sebagian keutamaan bulan Rajab dibandingkan bulan-bulan lainnya. Dengan keistimewaan bulan tersebut, kita sebagai ummat islam sudah seharusnya bersyukur dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita selama bulan Rajab, terutama dengan memperbanyak istighfar kepada Allah SWT. Dengan harapan dosa-dosa kita diampuni dan mendapat ridlo-Nya. Semoga Allah SWT memberkahi kita dengan bulan Rajab dan Sya'ban juga mempertemukan kita dengan Ramadlan mendatang.

(Ditulis oleh admin dari berbagai sumber)



Post a Comment