AMALAN-AMALAN SUNNAH BULAN RAJAB

Amalan-Amalan Sunnah Bulan Rajab

Alhamdulillaah, puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan segala karunia-Nya sehingga kita masih dapat bersua kembali dengan bulan bulan Rajab di tahun 1438 H ini. Sebagaimana telah dibahas dalam artikel sebelumnya mengenai keutamaan bulan Rajab, inilah saat yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita sebagai start-up menyambut bulan suci Ramadlan. Berikut ini akan kita bahas mengenai amalan-amalan yang dapat dilakukan selama bulan Rajab.


1. Membaca
فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا
رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ
Dibaca sebanyak 70 kali setelah shalat Shubuh dan Maghrib dalam posisi masih duduk tahiyyat akhir. Amalan ini merupakan ijazah guru mulia Almaghfurlah KH. Muhammad Anwar Basya Bin Abu Bakar Asnawi (pendiri PonPes Salafiyah Kawisanyar Gresik)

Fadhilah:
Barang siapa yang melazimkan do'a ini selama bulan Rajab, maka ia tidak akan tersentuh api neraka, diampuni segala dosanya dan akan mendapatkan kasih sayang Allah SWT.

2. Memperbanyak membaca istighfar terutama Sayyidul Istighfar

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Fadhilah:
Amalan ini merupakan ijazah guru mulia Almaghfurlah KH. Muhammad Anwar Basya Bin Abu Bakar Asnawi. Barang siapa yang membaca di waktu sore kemudian meninggal di malam itu, maka ia akan masuk surga. Dan apabila dibaca di waktu pagi kemudian ia meninggal di hari itu, maka ia akan masuk surga.

3. Membaca do'a 
اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ وَاَعِنَّا عَلَى الصِّيَامِ وَالْقِيَامِ

Fadhilah:
Amalan ini merupakan ijazah guru mulia Al-Habib Abdul Qodir Bin Ali Bin Al-Imamul Qutb Ghoust Al-Habib Abu Bakar Assegaf Gresik. Barang siapa yang membaca do'a tersebut akan diberi keberkahan rizki, umur dan anak keturunannya, akan diampuni segala dosanya, diterima amal ibadahnya serta mendapat keridloan Allah SWT.

4. Membaca dzikir
سُبْحَانَ اللّٰهِ الْحَيِّ الْقَيُّومْ
Dibaca pagi dan sore sebanyak 100 kali selama tanggal 1- 10 Rajab
سُبْحَانَ اللّٰهِ الْأَحَدِ الصَّمَدْ
Dibaca pagi dan sore sebanyak 100 kali selama tanggal 11- 20 Rajab
سُبْحَانَ اللّٰهِ الرَّؤُوفْ 
Dibaca pagi dan sore sebanyak 100 kali selama tanggal 21- 30 Rajab

Fadhilah:
Amalan ini merupakan ijazah guru mulia Al-Habib Abdul Qodir Bin Ali Bin Al-Imamul Qutb Ghoust Al-Habib Abu Bakar Assegaf Gresik. Barang siapa yang bersedia mengamalkannya, maka Allah SWT akan memberi pahal yang tiada batas.

5. Membaca 
اَحْمَدُ رَسُوْلُ اللّٰهِ ، مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللّٰه
Fadhilah:
Dibaca sebanyak 35 kali pada hari Jum'at terakhir bulan Rajab saat khatib di atas mimbar. Amalan ini merupakan ijazah guru mulia Al-Habib Abdul Qodir Bin Ali Bin Al-Imamul Qutb Ghoust Al-Habib Abu Bakar Assegaf Gresik. Barang siapa yang bersedia mengamalkannya, maka Allah SWT akan memberikan kelapangan rizki berupa uang.

6. Melaksanakan puasa 10 hari awal bulan Rajab terutama 3 hari awal bulan

Amalan ini merupakan ijazah dari Guru mulia Almaghfurlah KH. Muhammad Anwar Basya Bin Abu Bakar Asnawi dengan berbagai fadhilah, diantaranya:
- puasa 1 hari pertama: menebus dosa kafarat selama 3 tahun, mendapat keridloan Allah SWT serta mendapat pahal ibadah seumur hidup (pagi berpuasa dan malam beribadah)
- puasa 2 hari: menebus dosa selama 2 tahun dan mendapat pahal berlimpah yang terhitung banyaknya
- puasa 3 hari: menebus dosa 1 tahun, diselamatkan dari malapetaka dunia dan siksa akhirat, serta terbebas dari penyakit gila, kusta dan dari ancaman Dajjal.
- puasa hari keempat dan seterusnya: menebus dosa 1 bulan
- puasa 7 hari: tertutup baginya 7 pintu neraka
- puasa 8 hari: terbukalah untuknya 8 pintu surga
- puasa 10 hari: dikabulkan semua permohonannya
- puasa setengah bulan: diampuni segala dosanya serta akan diganti amal buruknya dengan amal baik.

7. Memperbanyak membaca Istighfar Rajab
Untuk bacaan Istighfar Rajab akan ditulis di artikel tersendiri

 Demikianlah ringkasan amalan-amalan pada bulan Rajab. Semoga kita senantiasa diberi kekuatan untuk dapat mengamalkannya.

sumber:
-googelimage
-http://www.wajibbaca.com/2017/03/5-amalan-di-bulan-rajab-lengkap-dengan.html
-https://www.facebook.com/SyekhermaniaGresik/posts/792411710850529

Post a Comment